Jumat, 26 Februari 2016 - 10:41:10 WIB
Kegiatan-Kegiatan LCDC 2015
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 1669 kali

LCDC (Law Career Development Center)

www.lcdc.law.ugm.ac.id

LCDC merupakan unit kerja di Fakultas Hukum UGM yang merupakan jembatan antara mahasiswa dan dunia kerja, serta penyedia akses bagi berbagai perusahaan dan lembaga ke calon potensial yang akan mereka rekrut. Hal ini dirasa semakin penting dengan diimplementasikannya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memungkinkan mobilitas profesional di wilayah Asia Tenggara. Selain itu Fakultas menilai penting bagi mahasiswa untuk dapat menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum memasuki ketatnya persaingan dunia kerja. Penyelenggaraan beragam kegiatan penguatan soft-skill dan pemahaman yang cukup memadai seputar berbagai profesi potensial yang dapat diraih lulusan Fakultas Hukum merupakan hal yang sangat krusial.

Secara umum ada 4 (empat) program LCDC yaitu (1) pelaksanaan tracer study, (2) seminar pengenalan profesi, (3) workshop peningkatan kualitas mahasiswa/alumni sebagai persiapan memasuki dunia kerja, serta (4) penyedia link dan match maker penyedia lowongan kerja dan pencari kerja/ dan atau alumni. Berikut adalah gambaran singkat kegiatan-kegiatan tersebut sebagai materi laporan.

Program pertama adalah Tracer Study. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui berbagai bentuk, antara lain pembagian kuesioner kepada mahasiswa, penelusuran melalui email dan telepon kepada alumni, temu alumni, serta survei kepuasan pengguna lulusan Fakultas Hukum UGM. LCDC percaya bahwa, pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar yang disesuaikan dengan profil mahasiswa serta kebutuhan pasar merupakan sebuah keharusan yang mesti dipertahankan,. Program ini akan memperoleh data yang akurat sebagai pertimbangan diadakannya perubahan kebijakan akademik serta pengembangan potensi alumni.

Tracer study tahun 2015 dilakukan terhadap lulusan program studi S1 tahun 2012 (Mahasiswa angkatan 2002 sampai dengan 2009). Beberapa hasil tracer study tersebut diantaranya: 81 % responden merasa puas terhadap sarana dan prasarana perkuliahan yang disediakan oleh Fakultas Hukum. Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari fasilitas pendukung seperti jam layanan perpustakaan yang lebih panjang hingga hari Sabtu, ruang kuliah yang nyaman serta fasilitas akses internet yang lebih cepat merupakan hal-hal yang diapresiasi oleh para responden. Seiring dengan hal tersebut, kualitas layanan birokrasi pun semakin baik ditandai dengan kepuasan responden mencapai 89%. Responden berpendapat bahwa dosen lebih kooperatif dan transparan dalam memberikan layanan pada mahasiwa serta pelayanan birokrasi lebih cepat dalam pengurusan surat-menyurat dan kepentingan pendukung akademik lain. Selain itu, kepuasan responden terhadap relevansi metode pengajaran terkait kebutuhan di dunia kerja pun telah mencapai 60%. Pada pelaksanaan tracer study terhadap lulusan program studi S1 tahun 2012 ini, diperoleh hasil sebesar 91% responden telah bekerja dan 61% bekerja pada bidang ilmu yang relevan dengan ilmu hukum. Bidang ilmu yang relevan tersebut meliputi sektor swasta (38%), sektor pemerintahan (30%), sektor BUMN/BUMD (23%), sektor wiraswasta (5%), dan lain-lain (5%). Diluar kegiatan belajar mengajar, data tracer menunjukkan 92% responden  menyatakan bahwa fakultas mendukung mahasiswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan kompetisi.

Program kedua adalah Seminar Pengenalan Profesi, LCDC berupaya mengintegrasikan alumni potensial sebagai narasumber yang dianggap mampu menjadi inspirasi bagi para mahasiswa sehingga dapat memotivasi dan menjalin kedekatan psikologis dengan peserta seminar. Pada tahun 2015, diselenggarakan 4 (empat) kegiatan seminar pengenalan profesi bagi lulusan Fakultas Hukum. Tidak hanya itu, LCDC mengupayakan ketersediaan informasi terkait profesi yang dapat diraih oleh lulusan Fakultas Hukum melalui ketersediaan buku-buku profesi dengan menampilkan profil-profil alumni yang mumpuni di bidangnya. LCDC telah menerbitkan dua (2) seri buku profesi dengan sepuluh (10) bidang profesi meliputi, jaksa, hakim, pengacara,notaris, diplomat, profesi pada bidang perbankan, Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB), swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pemerintahan.

Program ketiga adalah Workshop Pengembangan Kompetensi Lulusan. Berbagai kegiatan workshop dengan menghadirkan narasumber baik alumni maupun dari luar alumni diselenggarakan dengan mengangkat tema-tema yang menarik dan aktual. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tidak saja dari sisi teori tetapi juga dalam praktek hukum. Pada tahun 2015, diselenggarakan 6 (enam) kegiatan workshop. Beberapa kegiatan dari workshop ini sekaligus merupakan wadah untuk memberikan kesempatan magang (melalui seleksi) bagi mahasiswa.

Selanjutnya, program keempat adalah Program Link and Match/Match Makingantara penyedia lowongan kerja dan pencari kerja dan/atau alumni. Dalam program ini LCDC berupaya menghubungkan dan mengkomunikasikan antara apa yang ingin dilakukan oleh penyedia lowongan kerja dan pencari kerja, sedangkan secara khusus dalam kaitan dengan alumni, LCDC berupaya menghubungkan  alumni sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kampus guna mendukung kemajuan kampus / kegiatan belajar-mengajar / dan atau lulusan. Dukungan tersebut berupa informasi kebutuhan formasi tenaga kerja, pelaksanaan recruitment tenaga kerja dari alumni penyedia kerja, kesempatan magang bagi mahasiswa, dukungan berupa kesediaan untuk menjadi dosen tamu pada materi-materi perkuliahan tertentu, dukungan menjadi konsultan maupun juri pada berbagai acara kompetisi mahasiswa.

Selain empat program besar LCDC tersebut, terdapat pula bentuk dukungan lain yang disediakan oleh LCDC demi menjaga konsistensi hubungan, baik yang terjalin antara kampus, alumni dan mahasiswa, yaitu melalui partisipasi LCDC dalam acara temu alumni baik melalui acara reuni angkatan di kampus yang diselenggarakan oleh alumni itu sendiri, maupun acara temu alumni yang secara berkala dilakukan oleh Fakultas Hukum UGM maupun Universitas. Tidak berhenti sampai disitu saja, memahami pentingnya kedekatan kampus dengan para alumninya, LCDC berupaya menjaga kedekatan tersebut melalui newsletter yang dapat digunakan untuk menyapa hangat para alumni serta memberi informasi terkini terkait perkembangan dan kegiatan yang tengah berlangsung di Fakultas Hukum UGM tercinta ini. Website LCDC pada tahun 2015 dikunjungi oleh 141.038 orang. Hal ini memperlihatkan bahwa kebutuhan akan informasi virtual juga penting untuk dipersiapkan secara baik oleh LCDC.

Pengakuan terhadap capaian kinerja dari LCDC ditunjukkan dengan adanya kunjungan kerja dari unit kerja lain, baik dari dalam UGM maupun perguruan tinggi lain yang ingin mengetahui LCDC secara lebih mendalam, dan menjadikan LCDC sebagai rujukan/benchmark bagi rencana pembentukan career center di lembaga masing-masing. Disamping itu, LCDC dikunjungi pula oleh lembaga pemerintah seperti Lembaga Administrasi Negara  yang ingin mengetahui berbagai program  LCDC dalam upaya memberikan bekal wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa akan dunia kerja sekaligus meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja.



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id