Jumat, 11 Maret 2016 - 08:11:58 WIB
Kunjungan Sekolah Menengah Atas Di Fakultas Hukum UGM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 729 kali

      Pada akhir Bulan Februari dan Awal Bulan Maret ini, Fakultas Hukum UGM menerima kunjungan dari Sekolah Menengah Atas. Terhitung ada 5 sekolah menengah atas yang telah berkunjung ke Fakultas Hukum dalam waktu yang berdekatan.  Sekolah tersebut adalah SMA N 1 Batujajar, Kabupaten Bandung Barat yang berkunjung pada tanggal 25 Februari 2016, SMA N 1 Padang, Kota Padang dan SMA N 1 Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya yang berkunjung pada tanggal 26 Februari 2016, SMA N 4 Denpasar serta SMAN 1 Baleendah Bandung yang berkunjung pada tanggal 2 Maret 2016.

      Mayoritas mereka yang hadir di Fakultas Hukum adalah murid-murid kelas X dan XI, perwakilan guru dan perwakilan komite sekolah. Selain bertujuan menikmati keindahan alam dan pesona wisata di Yogyakarta, program kunjungan ini secara umum bertujuan untuk mengenalkan secara langsung UGM sebagai universitas terbaik di Indonesia kepada para siswa dan memotivasi para siswa agar dapat bersaing untuk melanjutkan pendidikan di UGM. Pada kesempatan ini pula, para siswa dan para guru mendapatkan infomasi singkat mengenai profil Fakultas Hukum dan proses seleksi mahasiswa baru pada Fakultas Hukum UGM. Kunjungan Sekolah Menengah Atas tersebut diterima  oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Bapak Dr. Sulastriyono, S.H., M.Si., perwakilan dosen dari beberapa departemen yang turut serta diundang untuk menerima kunjungan serta perwakilan dari LCDC.

      Pada setiap kunjungan, pihak Fakultas memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Dari SMAN 1 Batujajar, Tasikmalaya pertanyaan tidak saja diajukan oleh para siswa tetapi juga perwakilan dari komite sekolah yang menanyakan perihal pelaksanaan hukum di Indonesia dimana praktik di lapangan seringkali tidak sesuai dengan hukum yang berlaku. Pertanyaan ini justru semakin meningkatkan antusiasme para siswa untuk mengetahui seluk beluk hukum di Indonesia. Pada kunjungan oleh SMA N 1 Padang dan SMA N 1 Jatiwaras, sesi tanya jawab didominasi oleh pertanyaan seputar tips dan kiat sukses agar dapat diterima di Fakultas Hukum UGM. Ada pula pertanyaan klarifikasi tentang adanya isu – isu negatif dan informasi menyesatkan seputar penerimaan mahasiswa baru yang semuanya dibantah oleh pihak Fakultas dan menegaskan bahwa proses seleksi dilakukan secara adil dan proporsional. Pada kunjungan dari SMA N 4 Denpasar, dan SMA N 1 Baleendah Bandung, para siswa terlihat sangat aktif dan banyak mengajukan pertanyaan mengenai jalur masuk UGM bagi siswa berprestasi, beasiswa, biaya kuliah dan biaya hidup di Yogya, dan pertanyaan mengenai prospek di masa depan bagi lulusan Fakultas Hukum.

      Di setiap akhir sesi kunjungan, Pihak Fakultas yang diwakili oleh LCDC memberikan kenang – kenangan berupa 10 buku profesi hukum dengan harapan dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada para siswa bahwa lulusan dari Fakultas Hukum dapat berprofesi dibanyak bidang dengan masa depan yang menjanjikan.

 



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id