Senin, 15 Januari 2018 - 14:10:04 WIB
PT. Astra International Tbk. Mengadakan Talkshow dan Rekrutmen Di Fakultas Hukum UGM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 170 kali

Tanggal 30 November 2017, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada melakukan kerjasama dengan PT. Astra International Tbk. Kerjasama ini dilakukan dengan mengadakan Talkshow dan rekrutmen yang berlokasi di ruang 3.1.1 FH UGM. Acara ini pun terbuka untuk umum sehingga dihadiri dari berbagai kalangan, baik yang masih berstatus mahasiswa maupun para pencari kerja.

Tema yang diusung pada Talkshow kali ini adalah “Diseminasi Profesi Hubungan Industrial”. Pada Talkshow ini yang bertindak sebagai pembicara adalah Prof. Dr. Ari Hernawan, S.H., M.Hum.(Guru Besar Hukum Ketenagakerjaan FH UGM) dan Bapak Gama Anomo Yogotomo (Head of Corporate Industrial Relations PT. Astra International Tbk.). Talkshow ini sendiri dipandu oleh seorang moderator yaitu Ibu Nailul Amany, S.H., M.H.

Talkshow ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama diisi oleh Prof. Ari Hernawan yang membahas mengenai problematika seputar hubungan industrial di Indonesia. Prof Ari Hernawan mengatakan, dalam filosofi hubugan industrial itu hendaknya pemerintah berperan sebagai ‘bapak yang baik’. Maksudnya adalah pemerintah berperan sebagai penengah terhadap konflik yang terjadi antara pekerja dan pengusaha.

“Dalam filosofi hubungan industrial, pemerintah hendaknya berperan sebagai ‘bapak yang bijaksana’. Pekerja/buruh dan pengusaha adalah ‘anak-anaknya’. Maka dari perumpaan ini bisa disimpulkan pemerintah tidak boleh memihak salah satu pihak. Sebenarnya campur tangan pemerintah dalam hubungan industrial ini baru-baru saja terjadi, awalnya hubungan antara pekerja dan pengusaha adalah hubungan perdata murni. Lalu pemerintah muncul sebagai penengah agar tidak terjadinya eksploitasi oleh pengusaha kepada para pekerjanya.”, ujar Prof Ari dalam memberikan ilustrasi mengenai kedudukan para pihak dalam hubungan industrial.

Pada sesi kedua Talkshow, yang bertindak sebagai pembicara adalah bapak Gama Anomo Yogotomo selaku Head of Corporate Industrial Relations PT. Astra International Tbk. Dalam kesempatannya, beliau menjelaskan bagaimana cara Astra dalam menjalin dan membentuk hubungan yang baik dengan  para karyawan Astra.

“Astra mempunyai Human Capital Management sebagai rumah untuk mengelola SDM perusahaan yang selalu mengarah ke 4 filosofi perusahaan yaitu menjadi asset yang berguna bagi bangsa dan negara, menghargai individu dan kerjasama, mengutamakan kepuasan pelanggan, dan senantiasa mencapai yang terbaik.”, jelas Bapak Gama terkait bagaimana Astra mengelola SDM-nya.

Beliau juga menyebutkan bahwa perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia masih kekurangan orang yang ahli dalam bidang hubungan industrial. Maka dari itu, ia berpendapat bahwa prospek pekerjaan di bidang hubungan industrial masih terhitung cerah dan banyak dibutuhkan untuk beberapa tahun kedepan.

Setelah sesi Talkshow berakhir, pihak Astra mengumumkan nama-nama para peserta rekrutmen calon karyawan PT. Astra International Tbk. yang telah lolos seleksi dan berhak untuk mengikuti sesi Forum Group Discussion. Terhitung ada 24 peserta yang lolos seleksi dan berhak untuk mengikuti sesi FGD. Sesi FGD pun dibagi menjadi tiga sesi dan masing-masing sesi FGD diberi waktu selama 45 menit. Tiap sesi FGD terdiri dari delapan orang peserta rekrutmen Astra dan satu karyawan Astra sebagai pembimbing jalannya FGD. Setelah berakhirya sesi FGD, berakhir pula rangkaian kegiatan ini. Rangkaian acara ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. (AF)



Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id