Minggu, 04 Maret 2018 - 20:27:34 WIB
Career Day 2018 dalam Rangka Dies Natalis ke 72 Fakultas Hukum UGM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 144 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 23 Februari 2018, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada bersama Angkatan 1996 FH UGM mengadakan acara yang dinamai Career Day 2018 dan dilaksanakan di Grha Sabha Pramana UGM. Acara ini merupakan rangakaian dalam memperingati dies natalis FH UGM ke-72 sekaligus ajang reuni bagi angkatan 1996 FH UGM. Career Day 2018 diadakan dengan maksud untuk memberi informasi kepada pada hadirin mengenai berbagai profesi di bidang hukum maupun non hukum dengan mendatangkan pembicara dalam berbagai bidang profesi. Selain itu, Career Day 2018 juga bertujuan memperluas pengetahuan masyarakat mengenai perusahaan-perusahaan yang bertindak sebagai sponsorship dalam acara Career Day 2018 ini. Tak lupa juga, acara ini bermaksud untuk memberi semangat serta motivasi kepada mahasiswa baik itu FH UGM, UGM, maupun luar UGM dengan mendatangkan Tung Desem Waringin sebagai Motivational Speaker.

Acara dimulai oleh MC, yaitu Ilham Maulana dan Tasya Pangaribuan dengan meminta seluruh hadirin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya. Bapak Dekan FH UGM, Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M. memberikan sambutan kepada tamu undangan dan peserta Career Day 2018 sekaligus membuka acara Career Day 2018 secara simbolis. Prof. Sigit berpesan bahwa kitalah yang memilih jalan hidup ini, ingin menjadi ‘apa’ dan akan menjadi ‘siapa’ itu semua ada di tangan kita masing-masing. Tak lupa pula setelah mendapatkan tujuan hidup, ingatlah agar selalu bisa berguna bagi orang lain di sekitar kita.

Setelah dibuka oleh Prof. Sigit selaku Dekan FH UGM, acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil Motivational Speaker Acara Career Day 2018 yaitu Tung Desem Waringin. Dalam video tersebut, diketahuilah bahwa Tung Desem Waringin pernah mendapatkan peringkat 1 dalam kategori The Most Powerful People and Ideas in Business versi Majalah SWA. Selesai pemutaran video profilnya, Tung Desem Waringin pun naik ke panggung dan langsung meminta agar semua hadirin untuk berdiri. Menurut Tung Desem Waringin, semangat hidup seseorang bisa dilihat dari bagaimana cara mereka berdiri. Sesudah semua hadirin berdiri, Tung Desem Waringin meminta hadirin untuk berteriak ‘yesss!’. Hal ini ditujukan untuk menguji semangat daripada hadirin yang hadir dalam acara Career Day 2018.

Tung Desem Waringin mengatakan ‘Kunci untuk merubah diri menjadi lebih sukses adalah mengontrol emosi dan mengubah gerak. Setelah itu diperlukan strategi dan komitmen. Tak lupa juga untuk selalu menjaga lisan dan pilihlah kata yang membawa aura positif setiap berbicara. Terakhir, selalu berfikir bahwa apa yang terjadi merupakan pemberian terbaik yang diberikan tuhan kepada untuk kita sendiri.”

Selesai sesi motivasi oleh Tung Desem Waringin, MC mengumumkan sesi selanjutnya adalah sharing profesi yang akan dimoderatori oleh Ibu Prita Miranti Suyudi. Beliau merupakan seorang Notaris di Bali sekaligus juru bahasa di berbagai forum tingkat Internasional. Untuk pembicara sendiri yang hadir di acara Career Day 2018 kali ini adalah Ibu Tri Mumpuni, Bapak Stanislaus Tandellin, Ibu Delia Murwihartini, Bapak Otto Hasibuan, dan Bapak Emerson Yuntho.

Sharing profesi dimulai dengan Ibu Tri Mumpuni. Alumni dari Institut Pertanian Bogor ini merupakan sosok berkontribusi dengan membangun daerah pedalaman Indonesia dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTH) sebagai energi listrik. Beliau menceritakan perjuangannya untuk berkontribusi dalam membangun negeri bersama sang suami di Desa Sumantipal, Kalimantan Utara yang belum ada akses listrik dan hidup 2 tahun pedalaman Sumatera Utara untuk membantu para petani. Semangat yang beliau gaungkan adalah ‘membangun desa dengan hati’, Ibu Tri Mumpuni juga yakin apabila Indonesia dapat menjadi negara yang lebih hebat lagi jika dapat membangun dan memaksimalkan potensi desa.

Pembicara kedua adalah Bapak Stanislaus Tandellin. Beliau merupakan alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, angkatan 2008. Beliau merupakan founder www.salestockindonesia.com, situs jual beli online yang belakangan sedang booming karena menawarkan produk fashion yang memiliki koleksi cukup lengkap dan harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Ide untuk menciptakan Start Up ini berawal dari rasa penasaran beliau dengan diskon-diskon besar yang selalu diberikan oleh pusat-pusat perbelanjaan tetapi pusat perbelanjaan itu tidak menjadi rugi. Akibat rasa penasaran itu, beliau dan teman-temannya melakukan riset hingga akhirnya lahirlah www.salestockindonesia.com. Bapak Stanislaus menambahkan bahwa tujuan dari SaleStockIndonesia sendiri adalah untuk menyamaratakan kesempatan masyarakat Indonesia terutama para Wanita untuk selalu mendapat produk Fashion yang up-to-date tapi dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin.

Pembicara selanjutnya adalah Ibu Delia Murwihartini. Ibu Delia adalah lulus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, angkatan 1980. Beliau merupakan pemilik usaha Dowa Bag, usaha tas rajut Branded yang berlokasi di Yogyakarta. Pada saat ibu Delia kuliah, kebanyakan teman-temannya langsung memilih untuk melamar pekerjaan setelah menamatkan studinya di FISIPOL UGM. Ibu Delia sendiri lebih memilih untuk tidak melamar pekerjaan tetapi beliau memutuskan untuk berkarya sesuai dengan passionnya yaitu membuat usaha tas rajut. Tas yang beliau buat dibuat dengan model yang bagus dan dilengkapi dengan sentuhan nuansa internasional karena bekerja sama langsung dengan designer Italia. Beliau juga menekankan kepada para hadirin terutama bagi yang masih muda, untuk tidak takut dalam berkarya diluar dari bidang studi yang kita geluti di bangku perguruan tinggi.

Setelah ibu Delia, ada bapak Emerson Yuntho yang merupakan alumni Fakultas Hukum UGM, angkatan 1996. Kini beliau sedang menjabat sebagai Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesian Corruption Watch (ICW). Bapak Emerson sempat menceritakan bahwa pada awalnya ketika masuk FH UGM, beliau ingin berkarir di dunia peradilan dengan menjadi seorang hakim. Namun beliau berkata mungkin bukan jalannya untuk menjadi hakim karena tidak lolos tes untuk menjadi calon hakim setelah lulus dari FH UGM. Beliau lalu memilih untuk meneruskan karirnya ke dalam suatu LSM yang bernama Indonesian Corruption Watch pada tahun 2002. Beliau berpesan kepada hadirin acara Career Day 2018 untuk selalu menonjolkan kesederhanaan, kejujuran, dan kecerdasan. Hal ini dikatakan oleh beliau karena untuk menjadi orang yang sukses tidak hanya bisa bermodalkan optimisme semata.

Pembicara terakhir adalah Bapak Otto Hasibuan, alumni FH UGM yang sekarang berprofesi sebagai advokat. Beliau menceritakan masa-masa awal beliau ketika mendirikan kantor hukum sendiri. Beliau memulai profesinya sebagai advokat dari nol dan modal yang minim sekali. Beliau dan rekan-rekannya berusaha mencari klien dengan datang ke penjara dan menawarkan jasa sebagai advokat meskipun bayaran yang diberikan oleh klien tidaklah dalam bentuk uang. Bahkan beliau bercerita pada awal-awal kariernya, beliau pernah diberikan pisang sebagai bayaran menjadi seorang Advokat. Pertama kali beliau mendapatkan bayaran berupa uang adalah ketika menangani kasus di Tegal, Jawa Tengah, ketika itupun yang beliau terima adalah hanya sebesar Rp. 7.500. Beliau berpesan untuk jangan langsung melihat kesuksesan seseorang pada hari ini saja, lihatlah bagaimana proses dalam mencapai kesuksesan. Terakhir beliau berpesan bagi para lulusan dan calon lulusan Fakultas Hukum untuk selalu menjadi pribadi yang jujur dan berwawasan luas.

Setelah selesainya inti acara yaitu sesi motivasi dan sesi sharing profesi, maka Career Day 2018 pun masuk ke sesi akhir acara. Didahului dengan sesi tanya jawab antara hadirin dengan pembicara di sharing profesi dan FH UGM angkatan 1996, lalu pemberian kenang-kenangan kepada para pembicara oleh Ibu Shinta selaku ketua panitia Career Day 2018. Acara Career Day 2018 pun ditutup dengan pemberian Doorprize berupa Giveaway dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Sepeda dari angkatan 1996 kepada para hadirin acara Career Day 2018.



    3 Komentar :

    graha
    03 Mei 2018 - 15:03:33 WIB

    https://grahapertiwimandiri.com/blogs/detil/keistimewaan-l em-kaca-dow-corning
    lem kaca
    03 Mei 2018 - 15:03:53 WIB

    https://grahapertiwimandiri.com/blogs/detil/keistimewaan-l em-kaca-dow-corning
    test
    06 April 2018 - 16:19:36 WIB

    test
    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id