login | register
Well Prepared, Well Result
Admin :

Seminar Pengenalan Profesi Notaris dan PPAT di Fakultas Hukum UGM

Dibuat tanggal 2012-05-16 | Oleh Admin

Seminar Pengenalan Profesi Notaris dan PPAT di Fakultas Hukum UGM

Pada hari Rabu, 16 Mei 2012 Law Career Development Center mengadakan seminar pengenalan profesi notaris dan PPAT bertempat di Ruang Multimedia lantai 3 Gedung III FH UGM.  Adapun pembicara dalam seminar ini adalah Bapak Hitaprana, S.H. yang merupakan notaris PPAT di Yogyakarta, Bapak Agus Hanafi, S.H yang merupakan notaris di Yogyakarta dan Bapak Arry Supratno, S.H., M.H yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat IPPAT Tahun 2002-2007 di Jakarta dan adapun moderator dalam Seminar ini adalah Sigid Riyanto, S.H.,M.Hum yang merupakan pengelola program Magister Kenotariatan.

 

Di dalam seminar ini Bapak Hitaprana, S.H selaku pembicara pertama berbicara mengenai regulasi PPAT di dalam Peraturan Kepala Badan Pertanagan Nasional RI Nomor 23 Tahun 2009 dan peraturan-peraturan lainnya. Beliau menjelaskan mengenai klasifikasi-klasifikasi PPAT, Syarat dan tata cara pengangkatan PPAT dan materi yang diujikan apabila seseorang mengambil ujian PPAT sebagai syarat pengangkatan PPAT.

 

Kemudian, pembicara kedua yaitu Muhammad Agus Hanafi yang merupakan notaris di Yogyakarta menjelaskan fungsi notaris sebagai salah satu anggota masyarakat yang keterangannya dapat diandalkan, dapat dipercayai dan tanda tangannya dapat memberikan jaminan dan bukti yang kuat. Beliau juga berbicara mengenai pengalamannya, suka-dukanya menjadi notaris.

 

Terakhir, pembicara ketiga yaitu Bapak Arry Supratno, S.H., M.H menjelaskan sikap kewirausahaan dalam profesi notaris dan etika profesi, dalam hal ini beliau menekankan pengembangan jati diri terhadap ilmu yang dimiliki sebagai notaris. Disini beliau juga menyampaikan bahwa dalam membangun profesi kita harus luwes bergaul dan memakai prinsip kepala dinin dalam menyelesaikan suatu masalah, karena di dalam pengembangan usaha, factor-faktor penghambatnya ada dua, yaitu: competitor dan dari dalam diri sendiri.

Komentar

Nama:
e-mail:
Komentar:
 
Masukkan Kode: