login | register
Well Prepared, Well Result
Admin :

Profesi Hukum - POLISI

Dibuat tanggal 2011-10-06 | Oleh Admin

Profesi Hukum - POLISI

          Polisi merupakan profesi penegak hukum yang cukup prestisius  bagi lulusan fakultas Hukum. Menjadi polisi berarti menjadi garda terdepan proses penegakan hukum. Dewasa ini profesi polisi begitu menjanjikan bagi seluruh mahasiswa tidak hanya lulusan fakultas hukum saja, melainkan lulusan beberapa disiplin  ilmu yang memang secara langsung maupun tidak langsung bertautan dengan profesi  ini. Jamak dari beberapa mahasiswa menyangka bahwa untuk menjadi polisi haruslah melalui jalur Akademi Kepolisian dengan seleksinya yang begitu ketat yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Akademi Kepolisian pun kini hanya diperuntukan bagi lulusan SMA/MA sederajat yang tentu saja tak membuka kesempatan bagi lulusan Sarjana untuk masuk didalamnya kecuali adanya perubahan kebijakan seperti yang terjadi pada Medio 2007 hingga 2008 lalu dimana salah satu persyaratan untuk menjadi taruna Akpol adalah lulusan sarjana.  Sejak 2009 hingga sekarang, pelaksanaan seleksi Akademi Kepolisian hanya akan fokus merekrut lulusan SMA/MA sederajat dengan mekanisme seleksi dan kualifikasi yang telah ditetapkan. Selain melalui jalur seleksi ini, menjadi polisi dapat juga dilakukan dengan melalui seleksi Bintara dengan konsekuensi golongan kepangkatan dan jabatan yang berbeda dengan melalui Akademi Kepolisian. Bintara diperuntukan bagi tenaga operasional dan teknis di lapangan, sedang lulusan AKPOL merupakan calon-calon pemimpin POLRI di masa mendatang. Komponen pendidikan dan jenjang karir pun jauh berbeda. Lulusan AKPOL seketika itu saja menjadi Inspektur Dua atau Perwira Pertama yang secara kepangkatan jauh diatas lulusan Sekolah Polisi Negara yang mencetak Bintara – Bintara yang nantinya hanya akan mendapatkan pangkat Brigadir Dua atau Bripda. Untuk menjadi Inspektur Dua, Seorang polisi berpangkat Brigadir Dua harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk melewati berbagai jenjang karir lagi diatasnya seperti, Brigadir Satu, Brigadir Kepala, Ajun Inspektur Dua, Ajun Inspektur Satu untuk selanjutnya menjadi Inspektur Dua. Sedang melalui AKPOL, seorang polisi berpangkat IPDA hanya tinggal beberapa langkah saja menuju karir kepemimpinan yang cemerlang di institusi sipil bersenjata ini.

          Untuk lulusan sarjana, SIPSS atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana merupakan pilihan yang tepat. Dengan menitikberatkan pada kebutuhan ahli demi kelancaran tugas negara Kepolisian Republik Indonesia, SIPSS membuka rekruitmen khusus bagi Sarjana – Sarjana lulusan Perguruan Tinggi terakreditasi untuk mengikuti seleksi  dan menjadi bagian dari Korps Bhayangkara dengan pangkat yang setara dengan lulusan Akademi Kepolisian, Yakni Inspektur Dua. Lama pendidikan yang ditempuh hanya 6 bulan saja, jauh berbeda dengan Akademi Kepolisian yang harus ditempuh selama 4 tahun lamanya. Tapi patut pula disadari bahwa, lulusan AKPOL dan SIPSS punya karakteristik yang cukup berbeda. Lulusan AKPOL dipersiapkan sebagai calon pemimpin POLRI sehingga jabatannya secara strukturalberbeda cukup signifikan dari lulusan SIPSS yang diperuntukan sebagai tenaga ahli dibidangnya untuk membantu tuga POLRI. Perbedaan juga terlihat dari jenjang karir yang dimiliki oleh masing-masing lulusan AKPOL dan SIPSS. Lulusan AKPOL dapat saja langsung melejit ke pucuk tertinggi sementara lulusan SIPSS tak demikian. Meski begitu oportunitas yang diberikan lembaga penegak hukum ini bagi lulusan SIPSS juga tak kalah besarnya bagi persona yang dinilai mumpuni dan kompeten untuk merengkuh karir kepemimpinan secara struktural. Hal tersebut dapat dilihat dengan contoh adanya lulusan SIPSS yang menjadi KAPOLDA dan Pimpinan Divisi yang cukup prestisius di Kepolisian Republik Indonesia berpangkat bintang atau Perwira Tinggi. (adn_lcdc) 

Komentar

yulia

SAYA BANGGA DENGAN SEGALA PRESTASI DI KEPOLISIAN NEGARA APALAGI DENGAN DI TINGKATKAN NYA LAGI SDM DALAM BADANG KEPOLISIAN,NAMUN MASIH ADA YANG HARUS D PERBAIKI LAGI DAN D TINGKATKAN UNTUK MENUNJANG KINERJA PARA POLISI INDONESIA YAITU SIFAT AMANAH DALAM BERTUGAS ATAUPUN DALAM KEHIDUPAN DI MASYARAKAT.

reply
Matthew

kalau saya ga terima bila wakl rykaat diberikan gaji yang terkadang begitu sangat besar karena intinya gaji diberikan atas apa yang dia kerjakan selama satu bulan tapi lihat anggota dewan apapun yang dia lakukan sudah pasti ada uangnya jadi gajinya itu untuk apa ..da lucunya katanya dipotong hampir 50% untuk kepentingan partai padahal katanya dia ITU WAKIL RAKYAT BUKAN WAKIL PARTAI seharusnya uangnya disisihkan buat kepentingan rykaat bukan partai ARIBICARA Saya jg sering brfkr spt om dan media harusnya sering meliput ini biar smkin byk rykaat yg tau.Kalau media takut,marilah kita para bloger yg mengungkapnya Salam *Dengan mengabdi tak pernah rugi

reply
Yehuda

aku bercita-cita menjadi seorang perwira. berdiri tegap gagah perkasa, tunaikan tugas yang mulia. tegas tegar penuh wibawa, semangat yg tak kunjung padam. tunaikan tugas para perwira, tunaikan dengan penuh rasa bangga. *cukuplah bagiku bercita-cita jadi perwira polri dengan pangkat Inspektur Dua..

reply
andika yudha

terima kasih atas informasinya cukup membuka wawasan.tetapi masih ada pertanyaan yang belum saya mengerti bisa gk umur yang sudah melewati batas mak 21 masuk jd anggota polri karena saya sedang kuliah..??lalu klw menjadi akpol apkah harus lulusan sma yang brmur 21thn bgmana yg sdang kuliah apakah masih ada kesempatan masuk akpol..??mohon pencerahannya kalau bisa saya dibantu jawabanya di kirim mealui email saya.. terimakasih...

reply
andika yudha

terima kasih atas informasinya cukup membuka wawasan.tetapi masih ada pertanyaan yang belum saya mengerti bisa gk umur yang sudah melewati batas mak 21 masuk jd anggota polri karena saya sedang kuliah..??lalu klw menjadi akpol apkah harus lulusan sma yang brmur 21thn bgmana yg sdang kuliah apakah masih ada kesempatan masuk akpol..??mohon pencerahannya kalau bisa saya dibantu jawabanya di kirim mealui email saya.. terimakasih...

reply
fajar alamsyah

Kalau ingin jadi polisi di bidang management Sekolahnya harus jurusan apa yaa???

reply
Tanty

Saya sarjana lulusan pendidikan kepelatihan olahraga dan skrg sedang lanjut studi S2 pada jurusan pendidikan olahraga. umur saya jalan 25 tahun bln april nanti. Rencananya setelah selesai S2 ingin masuk AKPOL aatau SIPSS. Apakah umur saya msh bisa untuk mendaftar? dan jurusan saya ini apa bisa? please d'bls lwt email saya yaa :) Tks b4 n GBU.

reply
Richy Gomgom Sianipar

Izin gan..saya mau bertanya,adakah kesempatan bagi sarjana profesi olahraga seperti saya untuk mendaftar calon akpol di tahun 2013 hingga tahun berikutnya? jika ada mohon informasinya gan.. jika sebaliknya apa yang bisa saya daftar untuk menjadi calon POLRI? Mohon petunjuknya gan...izin kirim lewat email saya gan,..terimakasih sebelumnya gan.

reply
muhammad sholihien rahman

mau tanya gan. apakah sarjana hukum dapat mengikuti / daftar sekolah inspektur polisi sumber sarjana(SIPSS)?

reply
juhas

untuk umur bagaiamana?

reply
Ksatriawan zaenuddin

Bisa karna di stu di sebutkan makanya baca gang baik-baik

reply
harmadi

ass apakah saja bisa saya persiapkan untuk masuk (siss)

reply
Nama:
e-mail:
Komentar:
 
Masukkan Kode: