login | register
Well Prepared, Well Result
Admin :

Profesi Hukum - Notaris

Dibuat tanggal 2011-02-14 | Oleh Admin

Profesi Hukum - Notaris

Notaris adalah salah satu profesi yang dapat dibidangi oleh sarjana lulusan Fakultas Hukum. Telah banyak lulusan Fakultas Hukum yang sukses dalam menjalani profesi sebagai notaris. Buku seri Profesi Notaris ini akan membahas dengan lengkap mengenai profesi notaris.

Mungkin banyak yang belum tahu mengenai sejarah profesi notaris. Pada bab awal buku seri Profesi Notaris ini akan dibahas mengenai sejarah singkat notaris. Hingga istilah dan pengertian notaris pun akan dikupas di bab ini. Tugas dan fungsi, kewenangan, kewajiban, dan larangan bagi profesi notaris juga dijelaskan dengan lengkap. Notaris memiliki kedudukan, formasi dan wilayah kerja notaris yang diatur tersendiri. Honorarium bagi notaris pun dapat diketahui melalui pembahasan di bab pertama ini.

Istilah notaris sering disamakan dengan pejabat pembuat akta tanah (PPAT). Sejatinya dua profesi ini berbeda. Perbedaan ini akan dijelaskan dalam buku ini.

Notaris adalah profesi yang menarik bagi sarjana lulusan Fakultas Hukum. Persyaratan pengankatan notaris akan dijelaskan pada Bab II. Dalam dunia notaris akan ada pindah wilayah kerja notaris. Pada bab ini akan dijelaskan syarat dan tatacara pindah wilayah kerja notaris. Kemudian pemberhentian notaris pun akan dijelaskan pada bab ini.

Profil singkat dari beberapa orang notaris senior akan dipaparkan di akhir bab dari buku seri Profesi Notaris ini. Kisah perjalanan dari Sri Rachma Candrawati, S.H, M.Agus Hanafi, S.H, Sumendro, S.H dalam meniti karir dalam dunia notaris. Kisah menarik dalam melakoni profesi notaris, perjalanan awal memasuki dunia notaris serta tips dan trik sukses dalam berprofesi sebagai notaris akan dijelaskan dengan lengkap untuk menjadi acuan dan rujukan bagi mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum yang ingin mengikuti jejak berkecimpung di dalam dunia noatris.

Komentar

eka tenriabeng

mau informasinya lagi thanks

reply
admin

informasi yg dimaksud seperti apa saudara eka?

reply
wiildan nafi'

kalau tidak salah ada pembagian buku gratis y... apa masih ada? bgmn prosedur mendapatkannya...?

reply
Sinang Budi Wibowo

Buku tersebut berbobot dan bermanfaat, dari yang saya baca, buku tentang profesi notaris banyak berisi tentang bahasan dari undang-undang jabatan notaris, namun mungkin sekiranya lebih bagus lagi, di akhir bahasan diulas kasus dan bagaimana cara menyelesaikannya..

reply
admin

buku masih ada, silahkan datang langsung ke sekretariat LCDC.

reply
Kartini Elisabet Purba

apakah buku ini dijual di gramedia khususnya di kota Medan?

reply
munawar qadri

apa saja syarat syarat mendirikan notaris...? trmakasih.......

reply
m. ilham sudrajad

Ass. selamat siang , saya ingin menanyakan mengenai jadwal pendaftaran sekolah kenotariatan di UGM , dan jadwal mata kuliah kenotriatan UGM , serta biaya-biaya nya , terima kasih atas informasi yang di berikan Wass.

reply
reina afifah

apakah lulusan fakultas hukum Islam bisa menjadi notaris? thank's

reply
eko susilo revy

saya mau tanya berapa syarat nilai jika seseorang tersebut menjadi notaris dan apakah lulus s1 langsung bisa menjadi notaris? ,,terimakasih

reply
mardi

saya mau tanya apakah lulusan sarjana hukum jurusan hukum pidana bisa melanjutkan jurusan notaris ?????

reply
idham ferdiansyah

saya lulusan srjana hukum islam, apakah bisa meneruskan ke jurusan magister kenotariatan?

reply
fandi

selamat pagi , saya mau bertanya untuk ambil alih di bidang notaris itu membutuhkan waktu berapa tahun ?

reply
yulita susanti

Ass... sy,baru perdana ini ikut coment.disini..tlg info donk..ttg pendaftaran sekolah notaris yg terdekat dari tmpat tinggal sy di kaltim.wsss

reply
herliansyah

@admin : judul bukunya apa ya?pengarangnya?masih ada gak bukunya?mohon konfirmasi,thank's

reply
faisyal

aslm, slm kenl buat smuax, sya pengen tanya apakah tamatan sarjana hukum Islam dapat mengambil profesi kenotariatan tanpa kuliah kesetaraan???? mhn penjelasannya

reply
stephanie violitta

setelah lulus S1 hukum, ambil notaris brapa th ya?

reply
imron wahyudi

saya tertarik ingin menjadi notaris. apakah bisa dari serjana hukum islam???

reply
oktavia

apakah notaris termasuk ke dalam ilmu hukum perdata atau pidana?

reply
ireine

selamat siang...kalau untuk mengambil notaris apakah harus dari lulusan sarjana hukum?terima kasih

reply
muhammad rusdan, sh

Saya tertarik utk mengikuti kuliah notaris, dan tertarik dengan buk profesi notaris. Bgmn mendapatkannya? Dtks.

reply
muhammad rizki maulana,sh

Assalamualaikum, mau membantu menjawab semua pertanyaan diatas, berhubung saya mahasiswa kenotariatan Undip Semaarang, Untuk jadi notaris harus S1 Hukum, mau jurusan pidana perdata islam intrnasional, bebas daftar kok, Teman2 langsung aja ikut tes masuk Magister kenotariatan bisa di UI, Unpad,UGM,Undip, atau dmn aja yg buka pascasarjana kenotariatan Kuliah butuh 2 tahunan, kalau cepat bs 1,8 bulan Setelah lulus dan bergerlas SH,Mkn maka teman2 bs ikut tes Kode etik notaris, SABH, dan jadi anggota notaris di kota2 temen2 tinggal, info bs diminta di MPD (majelis Pengawas Daerah) notaris setempat. Umur untuk jd notaris min 27 tahun, Lalu jika udah umur 30 bs daftar lg jadi PPAT. Pejabat Pembuat Akta Tanah.. Itu jenjang profesinya, Kalau mau nambah bisa jadi pejabat lelang kelas II, sep hehehe 3 jabatan dalam 1 kehidupan.. Salam sukses

reply
adi budiantoro

saya lulusan S1 hukum pidana 2002, dengan ipk 2,65 berencana ingin melanjutkan program studi kenotariatan, saya sekarang bekerja di Kantor notaris dan ppat dan ingin sekali meneruskan ke notaris.Apakah bisa??Mahon pencerahan.terima kasih

reply
joana

saya ingin tahu lebih banyak tentang profesi sebagai notaris.

reply
liisa ariyani

ifodjocwxk;jufvi0[o[

reply
henry

maw tanayak kira2 berap biaya untuk melenjutkan skolah notaris? n syarat apa saj d butuhkan thank's

reply
dadan

apakah buku tersebut ada di gramedia?

reply
anita mansyur

tgl pendaftaran utk maba s2 non-reguler semester ganjil tgl brp yah?

reply
rumina effendi

biaya ambil s2 kenotariatan selama 2th berapa ya

reply
Sandi JASS

Dear Bp. Muhammad Rizki Maulana S. H. Boleh minta nomor hp? Banyak yang saya mau tanya2 nih.. Thanks

reply
robby

Bapak/ Ibu yang terhormat, saya ada masalah lahan tanah lebih kurang 10 Ha dan pajaknya saya lunasi dengan surat SK Camat dan dikeluarkan silang sengketa oleh kepala desa sewaktu aku beli Kepada si A. Saya menjual lahan tanah tersebut kepada si B dengan surat Notaris. Dan lahan tanah tersebut diakui di C dan surat ada katanya ternyata tidak sesuai dengan tanah tersebut. Jadi kami tinjau ke lapangan sama aparat pemerintahan setempat bahwa lahan tanah tersebut bukan letak desa satu(1) tetapi desa dua(1) ternyata suratnya desa satu (1) dibuat pak camat dan letak-letaknya pun sama sesuai dengan surat (hanya saja desa berbeda dan kecamatannya sama). Dan yang mengakui lahan tanah pun (C) bukan desa yang dibuat suratnya tanahnya letaknya desa tiga(2). Jadi Pembeli lahan saya (B) meminta uang dikembalikan karena tidak sesuai dengan lahan tanah tersebut! jadi mohon pertimbangan bapak/ibu secara hukum gimana? apakah bisa pidana atau perdata karena surat kami dibuat oelh Camat sewaktu kami beli shah(Bukti kwantansi pembelian Ada dari A)! terima kasih

reply
arga indra

Kenotariatan UNDIP I'm coming

reply
Nama:
e-mail:
Komentar:
 
Masukkan Kode: