Selasa, 15 Juli 2014 - 07:13:20 WIB
Prof. Dr. H. Koesnadi Hardjasoemantri, S.H., M.L.
Diposting oleh :
Kategori: - Dibaca: 926 kali

Prof. Dr. H. Koesnadi Hardjasoemantri, S.H., M.L., putra pertama pasangan R. Gaos Hardjasoemantri, seorang pegawai tinggi di Departemen Sosial, dengan R.H.E. Basriah. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) sejak tahun 1986 hingga 1990 ini lahir di Tasikmalaya Jawa Barat pada 9 Desember 1926 dan wafat pada 7 Maret 2007 akibat meledaknya pesawat Boeing 737-400 Garuda Indonesia, sesaat setelah mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Beliau merupakan guru besar hukum lingkungan Fakultas Hukum UGM.

          Gelar Sarjana Hukum ia peroleh di Fakultas Hukum UGM pada tahun 1964. Pada tahun 1969, Beliau berkesempatan untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Perdue Amerika Serikat dan selanjutnya meraih gelar Doktor di Fakultas Hukum Universitas Leiden, Negeri Belanda pada tahun 1981.

          Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Direktorat Pendidikan Tinggi Deptartemen Pendidikan & Kebudayaan sejak tahun 1969 hingga 1974 ini merupakan inisiator proyek Pengerahan Tenaga Mahasiswa (PTM) untuk tugas mengajar di luar Pulau Jawa pada tahun 1951. Kegiatan tersebut yang saat ini dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM ) yang kemudian mendapatkan apresiasi positif dan banyak diterapkan di berbagai universitas di Indonesia guna melatih kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang berkembang di masyarakat dan sebagai bekal untuk terjun langsung ke dalam masyarakat.

          Sebelum menjabat sebagai rektor, Beliau merupakan Sekretaris Menteri Kependudukan dan Lingkungan Hidup (KLH). Suami dari Rahajoe (Alm.) dan ayah dua anak, ini pun dipercaya menjadi Staf Ahli di Kementerian Lingkungan Hidup. Setelah tidak menjabat rektor, Beliau aktif dalam berbagai forum, diantaranya adalah sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Harian Kagama, Visiting professor di Dalhousie University, Kanada, Kepala Pusat Dokumentasi Perundang-undangan Lingkungan, Direktur Program Pascasarjana Universitas Tarumangera, Andalan Nasional Urusan Penelitian, Pengembangan, dan Lingkungan Hidup, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Wakil Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia, dan Ketua Akademi Jakarta.

          Dalam usianya yang 78 tahun, Koesnadi masih aktif mengajar di berbagai universitas di Jawa dan luar Jawa. Mengajar tampaknya merupakan panggilan terkuatnya. Hal tersebut tergambar sejak ia menjadi anggota tantara pelajar yang kemudian mendirikan sekolah gerilya untuk anak-anak di pengungsian. Pada Mei 2007, Beliau dianugerahi Satya Lencana Sewaka Wiraya Roha oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas jasanya sebagai pejuang pendidikan dan pahlawan Kuliah Kerja Nyata. Optimisme Beliau terhadap kemajuan bangsa Indonesia seharusnya mampu menjadi pupuk bagi para penerus bangsa untuk selalu memberikan manfaat kepada semua orang, termasuk dengan menyebarkan ilmu kepada orang lain. (dr_lcdc)


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id