Selasa, 15 Juli 2014 - 07:25:31 WIB
Dr.Th. Endang Ratnawati, S.H., M.Kn
Diposting oleh :
Kategori: - Dibaca: 1080 kali

Sebagai pelajar SMA yang mengambil jurusan IPA dan menyukai pelajaran kimia, Th. Endang Ratnawati tidak pernah bercita-cita berkarir di bidang hukum. Pada masa itu calon mahasiswa dimungkinkan memilih 2 pilihan fakultas  untuk jurusan IPA dan 2 pilihan fakultas untuk jurusan IPS.  Pada awalnya diantara 4 pilihan itupun juga tidak ada pilihan fakultas hukum, tetapi setelah berdiskusi dengan teman-teman, sayapun memilih fakultas hukum UGM dan akhirnya diterima sebagai mahasiswa Fakultas Hukum UGM angkatan 1982, ternyata tanpa disadarai itulah menjadi titik awal yang menuntun karir di bidang hukum.

Walaupun pada awalnya Th. Endang Ratnawati tidak berminat menekuni hukum, tapi karena rasa tanggung jawab, beliaupun berusaha menyukai bidang ilmu yang diperoleh dari Fakultas Hukum UGM. Beliaupun menjadi lulusan tercepat diangkatannya dan memiliki IP terbaik pada saat wisuda dan diwisuda langsung oleh Rektor UGM pada saat itu.

Setelah lulus beliau melanjutkan ke Pendidikan Magister Kenotariatan di Universitas Indonesia sambil bekerja di suatu Bank di Jakarta.  Kemudian melanjutkan Pendidikan Doktor Ilmu Hukum di Universitas Diponegoro Semarang.

Saat ini beliau  menjabat sebagai Kepala Grup Hukum Operasional Perbankan. Dapat dikatakan, baginya Bank adalah laboratorium hukum yang menarik untuk ditekuni. Banyak pembelajaran dari berbagai permasalahan hukum yang dialami dalam kegiatan perbankan.  Pada saat menghadapi permasalahan hukum, beliau merasa tertantang untuk dapat memberikan solusi atau pencerahan atas  permasalahan hukum yang dialami.

Untuk dapat berbagi ilmu dan mengasah penguasaan materi hukum, beliau juga mengajar hukum perbankan di Magister Hukum Universitas Gadjah Mada dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Kadang-kadang juga diminta menjadi pembicara/narasumber di acara seminar, workshop atau kegiatan pelatihan hukum untuk praktisi perbankan. Beliau merasa senang karena dapat menekuni dunia akademik dan sekaligus dapat melakukan pengkajian hukum untuk memberikan masukan dan solusi hukum atas permasalahan hukum yang dialami dalam kegiatan perbankan sehari-hari.


Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id