Selasa, 15 Juli 2014 - 07:26:16 WIB
Firmansyah Budi Prasetyo, S.H.
Diposting oleh :
Kategori: - Dibaca: 2709 kali

Firmansyah Budi Prasetyo, S.H., alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada yang terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun 2000, merupakan salah satu alumnus yang meniti karirnya dalam bidang wirausaha. Pemilik usaha dengan merek dagang “Tela Krezz” ini merupakan pebisnis muda yang kreatif, memanfaatkan singkong untuk ladang bisnisnya. Finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tahun 2008 ini memulai usaha dengan modal Rp 3 juta dan sebuah gerobak yang tidak terpakai. Prinsip yang selalu ia pegang adalah bahwa kita tidak akan pernah tau apa yang terjadi jika kita tidak mencobanya, dan prinsip inilah yang kemudian membawanya hingga menjadi salah satu milyader muda Indonesia.

          Singkong, yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan tela, dibentuk menjadi balok-balok seukuran jari kelingking dengan berbagai varian rasa, bentuk dan packaging, membuat usahanya kini telah mencapi omzet hingga milyaran rupiah per bulan. Pria kelahiran Semarang, 15 Desember 1981 ini kini telah memiliki ratusan outlet waralaba Tela Krezz yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

          Pemilihan singkong sebagai komoditas lokal yang diangkatnya, berawal dari keinginan menumbuhkan kebanggaan dan harga diri bangsa. Singkong kemudian menjadi bahan baku utama bagi usaha kulinernya yang lain. Merek dagang “Cokro Tela Cake” yang didirikannya juga berbahan baku singkong, saat ini banyak diburu wisatawan sebagai alternatif baru oleh-oleh Yogyakarta. Hal ini ia lakukan agar potensi singkong di Yogyakarta yang luar biasa besar bisa lebih bermanfaat.

          Sarjana Hukum yang lulus pada tahun 2005 berpredikat sangat memuaskan denganIndeks Predikat Komulatif 3,52 ini sempat mengikuti program pertukaran pemuda (Indonesia-Canada Youth Exchange Program, Canada World Youth, Vancouver, Kanada-Kalimantan Barat) tahun 2005 - awal 2006. Ketika itu, ia tinggal di perbatasan Kalimantan Barat dengan Kuching yang menjadi tempat keluar masuknya Tenaga Kerja Wanita (TKI) illegalyang ingin mencari pekerjaan ke Malaysia. Ternyata pengalaman itu lah yang membuka matanya untuk bertekat menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya untuk dapat memberikan kesempatan kerja bagi setiap orang.

     Peraih penghargaan ISMBEA (Indonesia Small Mediun Business and Entrepreneur Award) dari Kementerian Koperasi & Kewirausahaan bekerjasama dengan Majalah Keuangan ini merintis usahanya sejak November 2006. Tela Krezz dan Cokro Tela Cake merupakan salah satu dari beberapa usaha lain miliknya yang berada dibawah naungan Homy Group, seperti warung internet dengan nama “homynet”, yang menyajikan suasana seperti di rumah sendiri, jasa laundry “6 TO 9”, hingga usaha di bidang kuliner “Chicken Chick’S”.


Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id