Selasa, 15 Juli 2014 - 07:33:49 WIB
Albertina HO. S.H
Diposting oleh :
Kategori: - Dibaca: 961 kali

Albertina Ho, S.H., hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak tahun 2008, merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang lulus pada tahun 1985. Wanita kelahiran Maluku 1 Januari 1960 ini memulai karirnya sebagai hakim di Pengadilan Negeri Slawi, Tegal, Jawa Tengah pada tahun 1990 – 1996.

          Sosoknya yang tenang tetapi tegas ini, beberapa kali dipercaya untuk menangani perkara-perkara yang menjadi sorotan di masyarakat, misalnya kasus mafia pajak Gayus Tambunan, kasus pembunuhan Direktur Utama PT. Rajawali Putra Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen, kasus serta hakim dalam kasus korupsi Sistem Administrasi Badan Hukum yang menyeret nama mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, Romli Atmasasmita.

          Sebagai salah satu dari tiga hakim perempuan yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Beliau mengaku bahwa profesi yang sekarang sedang digelutinya tersebut memang minim perempuan, namun tetap pada integritasnya, Beliau menganggap bahwa hakim perempuan dan laki-laki itu sama. Sekretaris Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial periode 2005-2008 ini juga menorehkan prestasi dalam bidang olahraga. Ketika bertugas di Mahkamah Agung tahun 2005, Beliau sempat menyabet Juara 2 Putri pada pertandingan tenis Persatuan Tenis Warga Peradilan Cup se-Pengadilan Negeri Indonesia, dan pada tahun 2009 Beliau juga membela tim DKI Jakarta dengan meraih Juara 3. 

          Hidup itu seperti air mengalir dan memberikan yang terbaik di setiap pekerjaan yang dilakukan. Motto hidupnya tersebut kemudian memunculkan sikap kesederhanaan yang tinggi dalam menjalani karirnya sebagai hakim. Hal tersebut tampak dari yang sampai saat ini selalu mengetik sendiri amar putusan yang akan dibacakannya di meja hijau karena putusan bersifat rahasia sebelum dibacakan oleh hakim. Bahkan, berkat kesederhanaan, ketegasan, kejujuran, dan kesantunannya ini, beliau mendapat apresiasi yang besar dari masyarakat dengan predikat “Srikandi Hukum Indonesia”. 


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id