Rabu, 21 Februari 2011 - 23:26:21 WIB
Profesi Hukum - Jaksa
Diposting oleh :
Kategori: - Dibaca: 2 kali

Kejaksaan adalah salah satu sub sistem dalam peradilan pidana; tetapi disamping itu juga mempunyai peranan lain dalam hukum perdata dan tata usaha negara, yaitu dapat mewakili negara dan pemerintah dalam perkara perdata dan tata usaha negara, bahkan dapat mewakili kepentingan umum. Peran yang demikian penting dalam sistem hukum Indonesia tersebut menuntut seorang jaksa tidak hanya menguasai disiplin hukum pidana, tetapi juga disiplin hukum perdata dan tata usaha negara. Jaksa tidak hanya dituntut menguasai hukum positif yang bersifat umum (lex generalis), tetapi juga yang bersifat khusus (lex specialist) yang banyak lahir akhir-akhir ini. Peranan kejaksaan yang demikian luas tersebut bukan hanya dikenal dalam sistem hukum Indonesia, melainkan juga dikenal dibanyak negara lain khususnya di Asia-Pasific, bahkan ada yang lebih luas lagi dari pada sistem hukum kita. Untuk melaksanakan peranan yang demikian itu tentunya diperlukan kualifikasi tertentu bagi seseorang untuk bisa mengemban tugas sebagai jaksa. Disamping kualifikasi umum (pemegang ijazah sarjana hukum), juga diperlukan kualifikasi khusus yang pada umumnya tidak dipunyai karena tidak diperoleh di perguruan tinggi hukum.

Oleh sebab itu Fakultas Hukum UGM sebagai salah satu agen pencetak sarjana hukum menyadari sepenuhnya kondisi persaingan para sarjana hukum dalam dunia kerja saat ini dan menjawab tantangan tersebut dengan melakukan berbagai upaya kearah peningkatan kompetensi dan kapasitas lulusan Fakultas Hukum UGM agar layak dan mampu untuk bersaing dalam dunia kerja. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan menyediakan fasilitas pembekalan karier bagi setiap mahasiswa Fakultas Hukum melalui suatu media pengenalan berbagai salah satunya profesi jaksa beserta tip-tips dan triks yang perlu dipersiapkan sejak dini untuk mencapai profesi tersebut yang dikemas dalam sebuah buku saku yang akan dibagikan kepada setiap mahasiswa. Melalui media tersebut diharapkan setiap mahasiswa akan mampu untuk mengenal lebih dini profesi jaksa bagi lulusan Fakultas Hukum khususnya, sehingga dapat membuat persiapan dan gambaran yang lebih baik terhadap profesi jaksa.

Pada buku seri Profesi Jaksa ini akan dipaparkan mengenai profesi jaksa, yaitu sejarah profesi jaksa, jenjang karir jaksa, tugas dan kode etik jaksa. Berbicara mengenai jaksa, kita tak bisa lepas dari lembaga kejaksaan. Di dalam buku ini juga akan diterangkan mengenai lembaga kejaksaan. Kemudian mengenai mekanisme penjaringan jaksa, yaitu proses untuk menjadi jaksa mulai dari seleksi hingga pendidikan pelatihan jaksa (PPJ) dipaparkan dalam Bab II buku ini.

Profil singkat jaksa yang telah sukses akan dijelaskan pada bab akhir buku ini. Kisah perjalanan jaksa ini akan digambarkan dengan detail. Bagaimana mereka memulai langkah awal dalam profesi jaksa. Pengalaman selama menjalani profesi ini serta tips dan trik bagi mahasiswa dan sarjana fakultas hukum yang inginn memasuki dunia jaksa. Buku ini menjadi rujukan yang tepat bagi mahasiswa dan sarjana lulusan Fakultas Hukum yang ingin menegtahui lebih dalam mengenai profesi jaksa


    1 Komentar :

    usaha rumahan
    19 Agustus 2017 - 00:47:43 WIB

    terima kasih atas informasinya http://www.peluangusaha19.com
    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id