Minggu, 16 Juni 2013 - 13:12:27 WIB
Profesi Hukum Di PT. Perkebunan Nusantara (BUMN)
Diposting oleh :
Kategori: - Dibaca: 2 kali

 PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) atau PTPN XI adalah badan usaha milik negara (BUMN) agribisnis perkebunan dengan core business gula. Perusahaan ini bahkan satu-satunya BUMN yang mengusahakan komoditas tunggal, yakni gula, dengan kontribusi sekitar 16-18 % terhadap produksi nasional. Sebagian besar bahan baku berasal dari tebu rakyat yang diusahakan para petani sekitar melalui kemitraan dengan pabrik gula (PG).

          Pendirian perusahaan sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 16 Tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996 dan merupakan gabungan antara PT Perkebunan XX (Persero) dan PT Perkebunan XXIV-XXV (Persero) yang masing-masing didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 6 Tahun 1972 dan No 15 tahun 1975. Anggaran Dasar Perusahaan Perseroan yang dibuat berdasarkan Akte Notaris Harun Kamil SH, No. 44 tanggal 11 Maret 1996, telah dilakukan perubahan dan mendapat persetuiuan sesuai Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. C-21048HT. 01.04. Th. 2002 tanggal 29 Oktober 2002.

          Pada dasarnya, setiap kegiatan perusahaan selalu erat bersinggungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan hukum atau aturan. Namun disisi lain, pemahaman hukum secara detail hanya dapat dilkuasai oleh lulusan dari Fakultas Hukum, sehingga ini merupakan peluang karir bagi lulusan Fakultas Hukum, Khususnya di PT. PN XI yang masih minim lulusan berlatar belakang hukum.

Hingga saat ini, PT. PN XI belum memiliki departemen hukum yang mandiri dan secara khusus mengurus hal-hal yang berkaitan dengan aturan dan hukum di perusahaan, secara umum bidang di perusahaan yang membutuhkan lulusan dari fakultas hukum adalah sebagai berikut.

  1. Divisi HRD dan SDM
  2. Divisi Pengadaan lahan, barang dan jasa
  3. Divisi Pemasaran
  4. Divisi Satuan Pengawas Intern
  5. Divisi Pajak
  6. Divisi Legal Corporate
  7. Divisi Asset and Impairment
  8. Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humuas
  9. Divisi Staf Ahli

 

Secara umum, ruang lingkup pekerjaan yang diemban oleh lulusan Fakultas Hukum (Legal Corps) di PT. PN XI adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan segala jenis kontrak;
  2. Pembuatan peraturan perusahaan dan keputusan jajaran direksi;
  3. Pengawas dan pelaksana proses lelang dan/atau tander;
  4. legal analys untuk kegiatan perusahaan, baik yang sudah dilakukan maupun yang masih dalam tahap perencanaan;
  5. Negosiator yang mewakili perusahaan;
  6. Internal auditing;
  7. Memberikan pendapat hukum (legal opinion) untuk menyelesaian permasalahan hukum.

          Peluang untuk berprofesi di PT. PN XI cukup terbuka lebar bagi lulusan Fakultas Hukum karena jumlah tenaga kerja yang berlatar belakang pendidikan ilmu hukum masih sangat minim. Jenjang karir yang tersedia sangat menjanjikan, dan didasarkan pada prestasi kinerja pegawai. Untuk fresh graduate, jenjang karir akan naik secara berkala setiap tahun. Misalnya pada tahun 2010, fresh graduate menempati golongan 3 A/00, sehingga tahun berikutnya akan mengalami kenaikan menjadi 3A/01 dan berakhir sampai angka 14. Namun dalam keadaan istimewa yang bersangkutan bisa saja tidak melewati golongan tertentu dan langsung menempati golongan 2 tingkat diatasnya ketika memiliki prestasi dan kinerja yang baik.

          Rekruitmen Pegawai terdiri atas beberapa Tahap seleksi, yaitu sebagai berikut:

  1. Seleksi administrasi;
  2. Seleksi Psikotest (tertulis) Tahap 1;
  3. Seleksi Psikotest (tertulis) Tahap 2;
  4. Seleksi Psikotest (wawancara);
  5. Seleksi wawancara bidang studi keilmuan;
  6. Seleksi Observasi;
  7. Seleksi kesehatan; dan
  8. Seleksi wawancara dengan jajaran direksi

          Keseluruhan tes dilaksanakan dalam kurun waktu 6-9 bulan, selanjutnya diangkat sebagai karyawan dalam masa percobaan selama 9 bulan dengan status sebagai karyawan magang dan diperhitungkan dalam masa kerja dengan pekerjaan dan penerimaan lainnya sama seperti karyawan tetap.

Tidak ada materi khusus yang harus dipersiapkan pada saat mengikuti seleksi, yang terpenting adalah kemampuan berbicara, menghargai pendapat orang lain, dan berpikir serta bertindak sebagai sebuah team. Perusahaan tidak hanya memerlukan seorang yang cerdas, namun sekaligus memiliki bibit calon pemimpin yang tangkas bekerja sebagai team.

  Kompensasi Kerja di PT PN cukup besar, karena PT PN merupakan salah satu BUMN yang gencar nelakukan transformasi besar-besaran dalam lima tahun terakhir. Di tahun 2006 perusahaan memberikan bonus berupa 5 kali gaji, tahun 2007 7 kali gaji, sehingga jika untuk seorang manager maka 7 x 24 juta atau menjadi 168 Juta.

  Komponen penghasilan secara umum sebagai berikut:

  1. Gaji = gaji pokok + tunjungan structural + tunjangan fungsional + tunjangan Kehadiran + tunjangan ekstra produksi;
  2. Lain – lain = uang bonus + uang tunjangan hari raya + uang tunjangan cuti tahunan + uang tunjangan cuti panjang.

Selain gaji, juga diberikan fasilitas berupa rumah dinas yang dibebebaskan dari biaya listrik, air, dan bahan bakar. 


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Komentar
     
     (Masukkan 2 kode diatas)

     

Download




Kegiatan


    ";
 

Gedung IV Lantai 2, Fakultas Hukum UGM
Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur,Yogyakarta 55281
Telepon : 0274 512 781 ext 2113 E-Mail : lcdc@ugm.ac.id
Website : http://lcdc.law.ugm.ac.id